Barbie History
Boneka Barbie Pertama dirilis Mattel |
Sejarah Barbie
Hello Doll Lovers, Kali ini Ines akan membahas
sejarah dibuatnya Boneka Barbie hingga bisa eksis seperti sekarang ini. Barbie
adalah boneka yang diproduksi oleh perusahaan Amerika yaitu Mattel. Keberadaan
boneka Barbie tentu bukan lagi menjadi hal yang baru. Barbie biasanya terlihat
cantik layaknya manusia dewasa dan dapat memberikan suatu ketertarikan kepada
para pemilik baik dewasa maupun anak-anak yang memainkannya.
Barbie lahir pada 9 Maret 1959, hari dimana ia
secara resmi diluncurkan di American
International Toy Fair. Dibuat oleh pengusaha Ruth Handler untuk
menunjukkan kepada gadis-gadis kecil bahwa mereka bisa menjadi apapun yang
mereka inginkan. Bahwasanya 'wanita memiliki pilihan', Barbie dengan cepat menjadi
ikon global. Meskipun dia mungkin tidak terlihat menua selama lima dekade
terakhir, Barbie terus-menerus mengubah dirinya dengan mengganti pakaiannya.
Hal ini ditujukan untuk mengikuti mode terbaru dan menyesuaikan citranya
sebagai respons terhadap perubahan sosial dan budaya yang lebih luas dengan
berbagai tingkat kesuksesan. Evolusi Barbie terkadang memiliki sisi kontroversial,
tetapi sebelum kita membahas kemenangannya yang menginspirasi dan kegagalannya
yang kontroversial, kita perlu melihat kembali sejarahnya yang panjang dan
menarik.
Sebelum Barbie
Ada Bild Lilli
Barbie diperkenalkan ke dunia sebagai model busana
remaja. Bernama lengkap Barbara Millicent Roberts, dari kota Willows di
Wisconsin. Sedangkan boneka Swiss Bild Lilli, memiliki gambar yang tidak
terlalu rapi. Tidak seperti boneka lain pada masa itu yang dibuat menyerupai
bayi. Bild Lilli menyerupai wanita dengan kaki panjang, pakaian modis dan
riasan glamor. Berdasarkan karakter komik, Lilli adalah seorang gadis pekerja
yang digambarkan sebagai 'bom pirang', dan boneka Lilli awalnya dijual sebagai
barang baru dewasa.
Handler menemukan boneka itu saat berlibur bersama suami
dan kedua anaknya di Swiss pada tahun 1956. Ia segera mengenali pasar potensial
untuk boneka yang dapat didandani dengan mode terbaru dan membayangkan memenuhi
peran dan karier orang dewasa. Dia membawa tiga boneka Lilli kembali ke AS. Selama
beberapa tahun berikutnya ia bekerja dengan Mattel, perusahaan mainan yang
didirikan oleh suaminya Eliot, untuk merancang dan membuat boneka Barbie
pertama.
1950-an: Barbie Pony
Tail Pertama Lahir
Dipengaruhi oleh bintang film tahun 1950-an, boneka Barbie pertama dibuat sepenuhnya dengan bibir merah, eyeliner hitam, dan alis yang melengkung sempurna. Dia mengenakan baju renang bergaris zebra strapless dan memiliki rambut pirang juga rambut cokelat dengan kuncir kuda Audrey Hepburn yang lucu. Barbie Ekor Kuda begitu dia dikenal lalu dijual seharga $ 3 (setara dengan $ 24,55 pada tahun 2016). Pada tahun pertama produksi, lebih dari 300.000 boneka Barbie terjual.
1960-an: Mod Barbie
Memenuhi Ken
Satu dekade yang dibuka melalui JFK di Gedung Putih
dan ditutup dengan Nixon, tahun 60-an adalah periode transformasi sosial dan
politik besar di Amerika. Barbie berevolusi seiring waktu. Hingga pada tahun
1960, selera fesyennya telah beralih dari gaya tahun 50-an yang rapuh dan
indah, dilambangkan oleh Ibu Negara Jackie Kennedy, dan mulai merangkul era Mod
yang ceria dan penuh warna.
Riasan Barbie menjadi tidak terlalu parah karna rambutnya
menjadi panjang dan rapi. Untuk pertama kalinya, Barbie tersedia dengan rambut
merah 'Titian', kaki yang bisa ditekuk, dan mata yang terbuka dan tertutup.
Sementara transformasi fisik Barbie sangat mencolok, perubahan gaya hidupnya
juga tidak kalah nyata. Pada tahun 1961, Barbie mulai pacaran dengan Ken. Pasangan
itu pindah ke rumah impian mereka sendiri di tahun 1962.Barbie & Ken 1962
Dengan rumah baru dan pria baru, Barbie juga
mendapati dirinya didampingi dengan teman dan keluarga baru, termasuk sahabat
seumur hidup, Midge dan adik perempuan, Skipper. Pada tahun 1967, Mattel
memulai debutnya dengan 'Colored Francie' boneka Afrika-Amerika pertama yang
memasuki jaringan pertemanan Barbie. Baik Francie maupun Christie, yang mengikuti
hanya setahun kemudian. Mereka diproduksi dengan kulit gelap, tetapi desainer
menggunakan cetakan yang sama seperti yang digunakan untuk 'Barbie Kaukasia',
yang berarti semua boneka memiliki fitur wajah yang sama persis.
1963 : Kontroversi
Barbie
Kontroversi besar pertama Barbie datang pada tahun
1963 dengan diperkenalkannya 'Barbie Baby-Sits'. Ia mengenakan rok panjang
bergaris merah muda dengan 'babysitter'
terpampang di sepanjang tepinya dan kacamata berbingkai tebal. Barbie Baby-Sits hadir dengan sejumlah
aksesoris, termasuk bayi di ranjang bayi, telepon, beberapa botol soda, dan
sebuah buku. Sayangnya, buku itu berjudul Cara Menurunkan Berat Badan dan hanya
memiliki satu halaman nasihat, 'Jangan Makan'. Serangan balik dari ungkapan aneh
ini hingga diet ekstrem tidak cukup untuk mencegah Mattel memasukkan buku itu
ke dalam paket aksesori boneka Barbie lain pada tahun 1965. 'Slumber Party Barbie' mengenakan piyama
sutra merah muda dengan jubah yang serasi dan bersiap untuk menginap. Dengan
perlengkapan mandi, cermin, buku diet yang sama dan satu set timbangan yang
ditetapkan secara permanen pada 110 pound.
1970-an: Skipper
Grows Up dan Malibu Barbie Looks Forward
Awalnya, Barbie merangkul gaya 70-an, menyatakan kesetiaannya pada gaya hidup alternatif dengan rok panjang tergerai, jaket berumbai, dan rambut panjang tergerai. Tapi alternatif 'Live Action Barbie' hanya bertahan setahun sebelum diganti. Pada tahun 1971, masyarakat Amerika dibawah tekanan karena protes kekerasan anti-perang, ketidakstabilan ekonomi dan pertempuran hak-hak sipil yang sedang berlangsung, 'Malibu Barbie' mulai diluncurkan.
Dengan wajah pahatan baru menampilkan senyum terbuka untuk pertama kalinya,
kulit kecokelatan, wajah bebas make-up, dan rambut cerah, 'Malibu Barbie'
dipasarkan sebagai gadis peselancar terbaik. Perubahan paling signifikan pada
penampilan Malibu Barbie adalah lenyapnya Barbie yang malu-malu, pandangan ke
samping dan pengenalan mata yang memandang ke depan, sebuah perkembangan yang
disambut baik oleh para feminis. Malibu Barbie memproyeksikan persona yang
diberdayakan dan santai disaat banyak warga Amerika tidak merasakan apa-apa.
Pada pertengahan 70-an, Mattel mengalami beberapa
kesulitan internal yang parah dan hampir bangkrut. Pada tahun 1974, ia menawarkan
penjelasan atas kesalahan penilaian yang pasti terjadi pada 'Growing Up
Skipper' yang pernah membuatnya menjadi toko mainan. Pada tahun 1975, Mattel
meluncurkan versi adik perempuan Barbie bernama Growing Up Skipper yang
seharusnya mewakili perubahan fisik dari perempuan menjadi perempuan. Dengan
memutar lengan Growing Up Skipper, anak-anak dapat menyaksikan tubuhnya
memanjang dan payudaranya menonjol, sehingga menambah ukuran bra. Publik
terkejut, dan Growing Up Skipper segera dihentikan.
Pada tahun 1975, Barbie memenangkan medali emas di
Olimpiade Musim Dingin dalam kategori renang, skating, dan ski. Suatu prestasi
yang luar biasa. Pada tahun 1976, ia dan Ken dimasukkan dalam Kapsul Waktu
Amerika yang memperkuat statusnya sebagai ikon Amerika sejati.
1980-an: Barbie
Menjadi Gadis Karir, Dilukis oleh Warhol dan Mencintai MTV
Pada 1980-an, politik Amerika mengalami ayunan
dramatis ke kanan dibawah kepresidenan Ronald Reagan. Profesional perkotaan
muda baru yang tinggal di kota, melakukan pekerjaan yang sangat penting dan
menempatkan konsumsi di garis depan kehidupan sehari-hari. Selama periode ini,
lebih banyak wanita memasuki dunia kerja daripada sebelumnya. Hasil dari
kebijakan ekonomi liberal, memberi penghargaan kepada mereka yang bekerja dan
puluhan tahun memperjuangkan persamaan hak/ kesetaraan gender.
Barbie tidak lagi terbatas pada peran ibu rumah
tangga atau gadis peselancar abadi, karena tahun 80-an diperkenalkannya 'Dr.
Barbie ', 'Astronaut Barbie' dan 'Pilot Barbie'. 'Day to Night Barbie'
diluncurkan pada tahun 1985, digambarkan sebagai Barbie 'yuppie' dan dilengkapi
dengan aksesori kantor serta gaun malam sehingga Barbie dapat langsung pergi
dari kantor ke pesta kota yang megah.
Dalam mode 80-an, big was beautiful dan bantalan bahu, perm pembuka botol, scrunchies, dan perhiasan tebal
melambangkan era tersebut. Barbie sangat siap untuk menghadapi gelombang budaya
remaja baru, membawa teriakan ke rumah-rumah Amerika dengan peluncuran MTV. Pada
tahun 1986, Barbie tampil didepan bandnya sendiri, mengenakan legging, hiasan
rambut, dan banyak neon.
Barbie bahkan menyusup ke dunia seni. Pada
pertengahan tahun 80-an, seorang perancang perhiasan New York bernama BillyBoy
adalah salah satu kolektor boneka Barbie terkemuka di dunia dan telah bekerja
dengan Mattel untuk merancang dua boneka baru. Ketika Andy Warhol, teman
BillyBoy, memohon untuk melukis potretnya, dia menjawab bahwa Warhol sebaiknya
melukis Barbie sebagai gantinya 'Barbie, c’est moi.'
1990-an: Barbie
Talks, Berteman dengan Pengguna Kursi Roda, dan Makan Oreo
Amerika makmur di tahun 90-an dimana ekonominya
tumbuh, kekaisaran Soviet runtuh, dan era digital lahir. Namun tahun 90-an
dapat digambarkan sebagai dekade Barbie yang paling kontroversial.
Dikenal sebagai 'Tahun Wanita' dalam politik Amerika
di tahun 1992. Barbie memimpin kampanye kepresidenan pertamanya dengan
meluncurkan 'Barbie for President'. Terlepas dari tawarannya yang mengagumkan,
Barbie menjadi berita utama yang dituduh menyebarkan seksisme melalui corong
'Teen Talk Barbie'. Pada Juli 1992, Mattel merilis boneka Barbie bisa berbicara
kembali dengan jutaan gadis muda yang telah berbicara dengannya selama empat
dekade terakhir. Sayangnya, 270 frasa yang dapat diprogram Teen Talk Barbie
menyertakan pernyataan yang mencerahkan seperti “Saya suka belanja!” dan “Kelas
matematika itu sulit!”, Kritik publik dari American Association of University
Women meyakinkan Mattel untuk menghapus frasa yang menyinggung dari repertoar
Teen Talk Barbie.
Pada tahun 1997, Mattel meluncurkan 'Oreo Fun
Barbie' yang salah paham. Oreo Fun Barbie adalah produk kemitraan dengan
Nabisco, produsen kue Oreo yang dimaksudkan untuk menjadi teman bermain bagi
gadis-gadis muda untuk berbagi 'kue favorit Amerika'. Versi putih dan hitam
dari Oreo Fun Barbie diluncurkan, menyebabkan protes di komunitas
Afrika-Amerika yang mengakui 'Oreo' sebagai istilah yang merendahkan. Boneka
itu dengan cepat ditarik kembali dan sekarang menjadi salah satu barang kolektor
Barbie yang paling dicari.
Setelah bencana Oreo, Mattel kembali mendapat
kecaman setelah merilis 'Share a Smile Becky', boneka yang menggunakan kursi
roda merah muda. Sayangnya, Bagikan Senyuman Becky mengalami beberapa masalah
aksesibilitas yang sama dihadapi orang-orang yang menggunakan kursi roda dalam
kehidupan sehari-hari. Kursi roda Becky tidak dapat menavigasi Rumah Impian
Barbie, tidak muat ke dalam lift dan tidak dapat dimasukkan ke dalam kendaraan
Barbie mana pun. Rambut panjang Becky juga memiliki kebiasaan tersangkut di
roda kursi rodanya. Versi baru 'Bagikan Senyuman Becky' diluncurkan dengan
rambut yang lebih pendek, tetapi meskipun pada awalnya sukses, dia segera
dihentikan.
Terlepas dari semua kontroversi ini, Barbie tetap
berada di urutan teratas daftar
toko mainan terlaris di tahun 90-an, mungkin karena ada begitu banyak
pilihan yang ditawarkan. 'Barbie Totally Hair' dengan rambut dua kali lebih
panjang dari gaunnya, 'Gymnast Barbie', 'Mermaid Barbie' dan, siapa yang bisa
melupakan, 'Generation Girl Barbie' semuanya sangat populer.
2000-an: Barbie
Ditches Ken, Turns 50 and Sports a Racy New Look
Pada tahun 2000, peluncuran 'Jewel Girl Barbie', Barbie
terlihat lebih muda dan lebih modis dari sebelumnya. Tahun 2004, Barbie
melompat ke dalam kereta musik selebriti dari perpisahan yang secara resmi mengakhiri
hubungannya dengan Ken. Hanya beberapa minggu setelah Britney dan Justin
mengakhiri hubungan.
Baru saja lajang dengan usia 50 tahun, Barbie mengalami perubahan citra besar pada tahun 2008 ketika 'Black Canary Barbie' menghantam toko mainan. Memodelkan karakter komik DC, Barbie mengenakan celana pendek kulit paten hitam dan jaket dengan stoking jala. Pakaian yang menggerakkan sejumlah kelompok Kristen untuk memprotes apa yang mereka anggap sebagai seksualisasi.
Satu tahun kemudian, Barbie mendapatkan tato pertamanya
dengan peluncuran 'Totally Stylin' Tattoos Barbie ', yang menampilkan tato
punggung bawah yang bertuliskan K-E-N. Keluhan pelanggan membuat beberapa toko
mengeluarkan boneka itu dari rak. Tetapi pada tahun 2011, Barbie yang
menampilkan tato yang lebih rumit di leher, dada, lengan, dan bahunya yang
diluncurkan dalam kemitraan dengan perusahaan mode L.A. tokidoki.
2010-an : Barbie
Menjadi Pengusaha dan Gadis Sampul Baju Renang
Tahun 2014 adalah tahun Barbie saat ia menjadi
'Entrepreneur Barbie', didukung oleh sepuluh wirausaha di kehidupan nyata.
Mereka diantaranya Reshma Saujani, pendiri dan CEO Girls Who Code, Jennifer
Hyman, dan Jenny Fleiss dari Rent the Runway. Pada tahun yang sama, Barbie
mendapatkan sampul edisi baju renang Sports Illustrated, mengenakan versi baju
renang zebra aslinya dan menampilkan tagline
'boneka yang memulai semuanya'.
Menggunakan teknologi yang mirip dengan Siri Apple,
Mattel meluncurkan 'Hello Barbie' pada tahun 2015, versi Teen Talk Barbie yang
berteknologi maju. Ia memiliki kapasitas untuk percakapan dua arah. Hello
Barbie memiliki mikrofon dan sedikit kecerdasan buatan yang berarti semakin
banyak dia diajak bicara, semakin tepat tanggapannya.
Namun, sebuah perusahaan keamanan internet
menyatakan keprihatinannya atas potensi peretasan server Hello Barbie, yang
berarti peretas dapat mengambil alih jaringan wifi rumah dan mengakses
perangkat lain serta berpotensi menguping melalui mikrofon Barbie. Mattel
menanggapi kekhawatiran ini dengan cepat, tetapi publisitas seputar masalah
keamanan Hello Barbie merusak popularitas boneka itu.
Di balik masalah pertumbuhan teknologi ini, Mattel
mengalihkan perhatiannya dari internet dan kembali ke Barbie sendiri,
meluncurkan dua baris baru yang mewakili etnis dan bentuk tubuh yang berbeda.
Jajaran boneka Barbie Fashionista menawarkan tujuh
warna kulit yang berbeda, mewakili ciri ras Afrika-Amerika, Asia dan campuran,
14 gaya rambut berbeda dan berbagai pilihan sepatu. Untuk pertama kalinya,
Barbie diberkati dengan pergelangan kaki yang bisa ditekuk sehingga akhirnya
dia bisa memakai sepatu flat.
Jajaran boneka Barbie baru lainnya diluncurkan
dengan hashtag #thedollevolves, mencoba untuk menghilangkan prasangka citra
Barbie sebagai penggambaran yang tidak realistis dari bentuk perempuan. Tiga
bentuk tubuh baru yaitu mungil, tinggi, dan gemuk kini tersedia. Mereka dipadukan dengan sejumlah warna kulit, warna
mata, dan gaya rambut, termasuk rambut afro dan merah keriting.
Bagaimana mainan yang anak-anak mainkan
menginformasikan citra tubuh mereka dengan tegas. Reaksi terhadap upaya Mattel
untuk mewakili tubuh wanita sejati sebagian besar disambut dengan pujian di
pers arus utama dan di media sosial. Barbie masih mendapat kecaman karena
proporsinya yang tidak realistis, dengan BBC menerbitkan sebuah artikel yang
menunjukkan bahwa Barbie gemuk pun akan memiliki pinggang yang setara dengan
ukuran Inggris 6-8 jika ukurannya ditingkatkan ke ukuran penuh. Sarah Allen,
perwakilan Mattel UK menanggapi dengan menyatakan, “Barbie adalah boneka. Dia
tidak dimaksudkan untuk mencerminkan tubuh wanita sejati. "
2019 : Barbie
Hari Ini
Barbie tidak pernah mencerminkan tubuh wanita
sungguhan. Seniman digital Nikolay Lamm dengan peluncuran boneka Lammily pada
tahun 2014. Proporsi Lammily didasarkan pada pengukuran rata-rata wanita
Amerika berusia 19 tahun dan datangnya dengan tagline 'average is beautiful'. Haneefah Adam, seorang lulusan
master dari Nigeria telah mengambil upaya Barbie untuk melakukan diversifikasi
ke level lain dengan memperkenalkan @Hijarbie, boneka dengan misi menggabungkan
mode dengan keyakinan Islam. Sebuah akun Instagram yang dibuat pada Desember
2015 menampilkan boneka berjilbab menarik puluhan ribu pengikut dalam hitungan
bulan.
Selama lebih dari setengah dekade, Barbie telah
menegosiasikan dunia mode yang berubah-ubah. Ia tetap berada di bagian toko
mainan terlaris karena mainan lain telah datang dan pergi. Tidak asing dengan
kontroversi, Barbie telah berusaha untuk berinovasi dan mengikuti perkembangan
teknologi dengan hasil yang beragam. Apa pun kemenangan atau kegagalannya, Barbie adalah ikon global, boneka mode
orisinal dan terbaik di dunia./ Ines