Barbie History

Boneka Barbie Pertama dirilis Mattel

Sejarah Barbie

Hello Doll Lovers, Kali ini Ines akan membahas sejarah dibuatnya Boneka Barbie hingga bisa eksis seperti sekarang ini. Barbie adalah boneka yang diproduksi oleh perusahaan Amerika yaitu Mattel. Keberadaan boneka Barbie tentu bukan lagi menjadi hal yang baru. Barbie biasanya terlihat cantik layaknya manusia dewasa dan dapat memberikan suatu ketertarikan kepada para pemilik baik dewasa maupun anak-anak yang memainkannya.

Barbie lahir pada 9 Maret 1959, hari dimana ia secara resmi diluncurkan di American International Toy Fair. Dibuat oleh pengusaha Ruth Handler untuk menunjukkan kepada gadis-gadis kecil bahwa mereka bisa menjadi apapun yang mereka inginkan. Bahwasanya 'wanita memiliki pilihan', Barbie dengan cepat menjadi ikon global. Meskipun dia mungkin tidak terlihat menua selama lima dekade terakhir, Barbie terus-menerus mengubah dirinya dengan mengganti pakaiannya. Hal ini ditujukan untuk mengikuti mode terbaru dan menyesuaikan citranya sebagai respons terhadap perubahan sosial dan budaya yang lebih luas dengan berbagai tingkat kesuksesan. Evolusi Barbie terkadang memiliki sisi kontroversial, tetapi sebelum kita membahas kemenangannya yang menginspirasi dan kegagalannya yang kontroversial, kita perlu melihat kembali sejarahnya yang panjang dan menarik.

Sebelum Barbie Ada Bild Lilli

Barbie dan Bild Lili

Barbie diperkenalkan ke dunia sebagai model busana remaja. Bernama lengkap Barbara Millicent Roberts, dari kota Willows di Wisconsin. Sedangkan boneka Swiss Bild Lilli, memiliki gambar yang tidak terlalu rapi. Tidak seperti boneka lain pada masa itu yang dibuat menyerupai bayi. Bild Lilli menyerupai wanita dengan kaki panjang, pakaian modis dan riasan glamor. Berdasarkan karakter komik, Lilli adalah seorang gadis pekerja yang digambarkan sebagai 'bom pirang', dan boneka Lilli awalnya dijual sebagai barang baru dewasa.

Handler menemukan boneka itu saat berlibur bersama suami dan kedua anaknya di Swiss pada tahun 1956. Ia segera mengenali pasar potensial untuk boneka yang dapat didandani dengan mode terbaru dan membayangkan memenuhi peran dan karier orang dewasa. Dia membawa tiga boneka Lilli kembali ke AS. Selama beberapa tahun berikutnya ia bekerja dengan Mattel, perusahaan mainan yang didirikan oleh suaminya Eliot, untuk merancang dan membuat boneka Barbie pertama.

1950-an: Barbie Pony Tail Pertama Lahir

Barbie Pertama : Pony Tail

Dipengaruhi oleh bintang film tahun 1950-an, boneka Barbie pertama dibuat sepenuhnya dengan bibir merah, eyeliner hitam, dan alis yang melengkung sempurna. Dia mengenakan baju renang bergaris zebra strapless dan memiliki rambut pirang juga rambut cokelat dengan kuncir kuda Audrey Hepburn yang lucu. Barbie Ekor Kuda begitu dia dikenal lalu dijual seharga $ 3 (setara dengan $ 24,55 pada tahun 2016). Pada tahun pertama produksi, lebih dari 300.000 boneka Barbie terjual.

1960-an: Mod Barbie Memenuhi Ken

Satu dekade yang dibuka melalui JFK di Gedung Putih dan ditutup dengan Nixon, tahun 60-an adalah periode transformasi sosial dan politik besar di Amerika. Barbie berevolusi seiring waktu. Hingga pada tahun 1960, selera fesyennya telah beralih dari gaya tahun 50-an yang rapuh dan indah, dilambangkan oleh Ibu Negara Jackie Kennedy, dan mulai merangkul era Mod yang ceria dan penuh warna.

Riasan Barbie menjadi tidak terlalu parah karna rambutnya menjadi panjang dan rapi. Untuk pertama kalinya, Barbie tersedia dengan rambut merah 'Titian', kaki yang bisa ditekuk, dan mata yang terbuka dan tertutup. Sementara transformasi fisik Barbie sangat mencolok, perubahan gaya hidupnya juga tidak kalah nyata. Pada tahun 1961, Barbie mulai pacaran dengan Ken. Pasangan itu pindah ke rumah impian mereka sendiri di tahun 1962.

Barbie & Ken 1962

Dengan rumah baru dan pria baru, Barbie juga mendapati dirinya didampingi dengan teman dan keluarga baru, termasuk sahabat seumur hidup, Midge dan adik perempuan, Skipper. Pada tahun 1967, Mattel memulai debutnya dengan 'Colored Francie' boneka Afrika-Amerika pertama yang memasuki jaringan pertemanan Barbie. Baik Francie maupun Christie, yang mengikuti hanya setahun kemudian. Mereka diproduksi dengan kulit gelap, tetapi desainer menggunakan cetakan yang sama seperti yang digunakan untuk 'Barbie Kaukasia', yang berarti semua boneka memiliki fitur wajah yang sama persis.


1963 : Kontroversi Barbie

Barbie Baby Sits 1963

Kontroversi besar pertama Barbie datang pada tahun 1963 dengan diperkenalkannya 'Barbie Baby-Sits'. Ia mengenakan rok panjang bergaris merah muda dengan 'babysitter' terpampang di sepanjang tepinya dan kacamata berbingkai tebal. Barbie Baby-Sits hadir dengan sejumlah aksesoris, termasuk bayi di ranjang bayi, telepon, beberapa botol soda, dan sebuah buku. Sayangnya, buku itu berjudul Cara Menurunkan Berat Badan dan hanya memiliki satu halaman nasihat, 'Jangan Makan'. Serangan balik dari ungkapan aneh ini hingga diet ekstrem tidak cukup untuk mencegah Mattel memasukkan buku itu ke dalam paket aksesori boneka Barbie lain pada tahun 1965. 'Slumber Party Barbie' mengenakan piyama sutra merah muda dengan jubah yang serasi dan bersiap untuk menginap. Dengan perlengkapan mandi, cermin, buku diet yang sama dan satu set timbangan yang ditetapkan secara permanen pada 110 pound.

Barbie Slumber Party

1970-an: Skipper Grows Up dan Malibu Barbie Looks Forward

Awalnya, Barbie merangkul gaya 70-an, menyatakan kesetiaannya pada gaya hidup alternatif dengan rok panjang tergerai, jaket berumbai, dan rambut panjang tergerai. Tapi alternatif 'Live Action Barbie' hanya bertahan setahun sebelum diganti. Pada tahun 1971, masyarakat Amerika dibawah tekanan karena protes kekerasan anti-perang, ketidakstabilan ekonomi dan pertempuran hak-hak sipil yang sedang berlangsung, 'Malibu Barbie' mulai diluncurkan. 

Malibu Barbie Doll

Dengan wajah pahatan baru menampilkan senyum terbuka untuk pertama kalinya, kulit kecokelatan, wajah bebas make-up, dan rambut cerah, 'Malibu Barbie' dipasarkan sebagai gadis peselancar terbaik. Perubahan paling signifikan pada penampilan Malibu Barbie adalah lenyapnya Barbie yang malu-malu, pandangan ke samping dan pengenalan mata yang memandang ke depan, sebuah perkembangan yang disambut baik oleh para feminis. Malibu Barbie memproyeksikan persona yang diberdayakan dan santai disaat banyak warga Amerika tidak merasakan apa-apa.

Barbie Growing Up Skipper

Pada pertengahan 70-an, Mattel mengalami beberapa kesulitan internal yang parah dan hampir bangkrut. Pada tahun 1974, ia menawarkan penjelasan atas kesalahan penilaian yang pasti terjadi pada 'Growing Up Skipper' yang pernah membuatnya menjadi toko mainan. Pada tahun 1975, Mattel meluncurkan versi adik perempuan Barbie bernama Growing Up Skipper yang seharusnya mewakili perubahan fisik dari perempuan menjadi perempuan. Dengan memutar lengan Growing Up Skipper, anak-anak dapat menyaksikan tubuhnya memanjang dan payudaranya menonjol, sehingga menambah ukuran bra. Publik terkejut, dan Growing Up Skipper segera dihentikan.

Pada tahun 1975, Barbie memenangkan medali emas di Olimpiade Musim Dingin dalam kategori renang, skating, dan ski. Suatu prestasi yang luar biasa. Pada tahun 1976, ia dan Ken dimasukkan dalam Kapsul Waktu Amerika yang memperkuat statusnya sebagai ikon Amerika sejati.

1980-an: Barbie Menjadi Gadis Karir, Dilukis oleh Warhol dan Mencintai MTV

Pada 1980-an, politik Amerika mengalami ayunan dramatis ke kanan dibawah kepresidenan Ronald Reagan. Profesional perkotaan muda baru yang tinggal di kota, melakukan pekerjaan yang sangat penting dan menempatkan konsumsi di garis depan kehidupan sehari-hari. Selama periode ini, lebih banyak wanita memasuki dunia kerja daripada sebelumnya. Hasil dari kebijakan ekonomi liberal, memberi penghargaan kepada mereka yang bekerja dan puluhan tahun memperjuangkan persamaan hak/ kesetaraan gender.

Barbie tidak lagi terbatas pada peran ibu rumah tangga atau gadis peselancar abadi, karena tahun 80-an diperkenalkannya 'Dr. Barbie ', 'Astronaut Barbie' dan 'Pilot Barbie'. 'Day to Night Barbie' diluncurkan pada tahun 1985, digambarkan sebagai Barbie 'yuppie' dan dilengkapi dengan aksesori kantor serta gaun malam sehingga Barbie dapat langsung pergi dari kantor ke pesta kota yang megah.

Barbie Day to Night 1985

Dalam mode 80-an, big was beautiful dan bantalan bahu, perm pembuka botol, scrunchies, dan perhiasan tebal melambangkan era tersebut. Barbie sangat siap untuk menghadapi gelombang budaya remaja baru, membawa teriakan ke rumah-rumah Amerika dengan peluncuran MTV. Pada tahun 1986, Barbie tampil didepan bandnya sendiri, mengenakan legging, hiasan rambut, dan banyak neon.

Barbie bahkan menyusup ke dunia seni. Pada pertengahan tahun 80-an, seorang perancang perhiasan New York bernama BillyBoy adalah salah satu kolektor boneka Barbie terkemuka di dunia dan telah bekerja dengan Mattel untuk merancang dua boneka baru. Ketika Andy Warhol, teman BillyBoy, memohon untuk melukis potretnya, dia menjawab bahwa Warhol sebaiknya melukis Barbie sebagai gantinya 'Barbie, c’est moi.'

Barbie Andy Warhol

1990-an: Barbie Talks, Berteman dengan Pengguna Kursi Roda, dan Makan Oreo

Amerika makmur di tahun 90-an dimana ekonominya tumbuh, kekaisaran Soviet runtuh, dan era digital lahir. Namun tahun 90-an dapat digambarkan sebagai dekade Barbie yang paling kontroversial.

Barbie for President 1992

Dikenal sebagai 'Tahun Wanita' dalam politik Amerika di tahun 1992. Barbie memimpin kampanye kepresidenan pertamanya dengan meluncurkan 'Barbie for President'. Terlepas dari tawarannya yang mengagumkan, Barbie menjadi berita utama yang dituduh menyebarkan seksisme melalui corong 'Teen Talk Barbie'. Pada Juli 1992, Mattel merilis boneka Barbie bisa berbicara kembali dengan jutaan gadis muda yang telah berbicara dengannya selama empat dekade terakhir. Sayangnya, 270 frasa yang dapat diprogram Teen Talk Barbie menyertakan pernyataan yang mencerahkan seperti “Saya suka belanja!” dan “Kelas matematika itu sulit!”, Kritik publik dari American Association of University Women meyakinkan Mattel untuk menghapus frasa yang menyinggung dari repertoar Teen Talk Barbie.

Teen Talk Barbie Doll

Pada tahun 1997, Mattel meluncurkan 'Oreo Fun Barbie' yang salah paham. Oreo Fun Barbie adalah produk kemitraan dengan Nabisco, produsen kue Oreo yang dimaksudkan untuk menjadi teman bermain bagi gadis-gadis muda untuk berbagi 'kue favorit Amerika'. Versi putih dan hitam dari Oreo Fun Barbie diluncurkan, menyebabkan protes di komunitas Afrika-Amerika yang mengakui 'Oreo' sebagai istilah yang merendahkan. Boneka itu dengan cepat ditarik kembali dan sekarang menjadi salah satu barang kolektor Barbie yang paling dicari.

Oreo Fun Barbie Doll

Setelah bencana Oreo, Mattel kembali mendapat kecaman setelah merilis 'Share a Smile Becky', boneka yang menggunakan kursi roda merah muda. Sayangnya, Bagikan Senyuman Becky mengalami beberapa masalah aksesibilitas yang sama dihadapi orang-orang yang menggunakan kursi roda dalam kehidupan sehari-hari. Kursi roda Becky tidak dapat menavigasi Rumah Impian Barbie, tidak muat ke dalam lift dan tidak dapat dimasukkan ke dalam kendaraan Barbie mana pun. Rambut panjang Becky juga memiliki kebiasaan tersangkut di roda kursi rodanya. Versi baru 'Bagikan Senyuman Becky' diluncurkan dengan rambut yang lebih pendek, tetapi meskipun pada awalnya sukses, dia segera dihentikan.

Share a Smile Becky

Terlepas dari semua kontroversi ini, Barbie tetap berada di urutan teratas daftar toko mainan terlaris di tahun 90-an, mungkin karena ada begitu banyak pilihan yang ditawarkan. 'Barbie Totally Hair' dengan rambut dua kali lebih panjang dari gaunnya, 'Gymnast Barbie', 'Mermaid Barbie' dan, siapa yang bisa melupakan, 'Generation Girl Barbie' semuanya sangat populer.

2000-an: Barbie Ditches Ken, Turns 50 and Sports a Racy New Look

Pada tahun 2000, peluncuran 'Jewel Girl Barbie', Barbie terlihat lebih muda dan lebih modis dari sebelumnya. Tahun 2004, Barbie melompat ke dalam kereta musik selebriti dari perpisahan yang secara resmi mengakhiri hubungannya dengan Ken. Hanya beberapa minggu setelah Britney dan Justin mengakhiri hubungan.

Jewel Girl Barbie 2000

Baru saja lajang dengan usia 50 tahun, Barbie mengalami perubahan citra besar pada tahun 2008 ketika 'Black Canary Barbie' menghantam toko mainan. Memodelkan karakter komik DC, Barbie mengenakan celana pendek kulit paten hitam dan jaket dengan stoking jala. Pakaian yang menggerakkan sejumlah kelompok Kristen untuk memprotes apa yang mereka anggap sebagai seksualisasi.

Black Cannary Barbie

Satu tahun kemudian, Barbie mendapatkan tato pertamanya dengan peluncuran 'Totally Stylin' Tattoos Barbie ', yang menampilkan tato punggung bawah yang bertuliskan K-E-N. Keluhan pelanggan membuat beberapa toko mengeluarkan boneka itu dari rak. Tetapi pada tahun 2011, Barbie yang menampilkan tato yang lebih rumit di leher, dada, lengan, dan bahunya yang diluncurkan dalam kemitraan dengan perusahaan mode L.A. tokidoki.

Barbie Toki Doki

2010-an : Barbie Menjadi Pengusaha dan Gadis Sampul Baju Renang

Tahun 2014 adalah tahun Barbie saat ia menjadi 'Entrepreneur Barbie', didukung oleh sepuluh wirausaha di kehidupan nyata. Mereka diantaranya Reshma Saujani, pendiri dan CEO Girls Who Code, Jennifer Hyman, dan Jenny Fleiss dari Rent the Runway. Pada tahun yang sama, Barbie mendapatkan sampul edisi baju renang Sports Illustrated, mengenakan versi baju renang zebra aslinya dan menampilkan tagline 'boneka yang memulai semuanya'.

Menggunakan teknologi yang mirip dengan Siri Apple, Mattel meluncurkan 'Hello Barbie' pada tahun 2015, versi Teen Talk Barbie yang berteknologi maju. Ia memiliki kapasitas untuk percakapan dua arah. Hello Barbie memiliki mikrofon dan sedikit kecerdasan buatan yang berarti semakin banyak dia diajak bicara, semakin tepat tanggapannya.

Hello Barbie Teen Talk

Namun, sebuah perusahaan keamanan internet menyatakan keprihatinannya atas potensi peretasan server Hello Barbie, yang berarti peretas dapat mengambil alih jaringan wifi rumah dan mengakses perangkat lain serta berpotensi menguping melalui mikrofon Barbie. Mattel menanggapi kekhawatiran ini dengan cepat, tetapi publisitas seputar masalah keamanan Hello Barbie merusak popularitas boneka itu.

Di balik masalah pertumbuhan teknologi ini, Mattel mengalihkan perhatiannya dari internet dan kembali ke Barbie sendiri, meluncurkan dua baris baru yang mewakili etnis dan bentuk tubuh yang berbeda.

Jajaran boneka Barbie Fashionista menawarkan tujuh warna kulit yang berbeda, mewakili ciri ras Afrika-Amerika, Asia dan campuran, 14 gaya rambut berbeda dan berbagai pilihan sepatu. Untuk pertama kalinya, Barbie diberkati dengan pergelangan kaki yang bisa ditekuk sehingga akhirnya dia bisa memakai sepatu flat.

Jajaran boneka Barbie baru lainnya diluncurkan dengan hashtag #thedollevolves, mencoba untuk menghilangkan prasangka citra Barbie sebagai penggambaran yang tidak realistis dari bentuk perempuan. Tiga bentuk tubuh baru yaitu mungil, tinggi, dan gemuk kini tersedia. Mereka  dipadukan dengan sejumlah warna kulit, warna mata, dan gaya rambut, termasuk rambut afro dan merah keriting.

Bagaimana mainan yang anak-anak mainkan menginformasikan citra tubuh mereka dengan tegas. Reaksi terhadap upaya Mattel untuk mewakili tubuh wanita sejati sebagian besar disambut dengan pujian di pers arus utama dan di media sosial. Barbie masih mendapat kecaman karena proporsinya yang tidak realistis, dengan BBC menerbitkan sebuah artikel yang menunjukkan bahwa Barbie gemuk pun akan memiliki pinggang yang setara dengan ukuran Inggris 6-8 jika ukurannya ditingkatkan ke ukuran penuh. Sarah Allen, perwakilan Mattel UK menanggapi dengan menyatakan, “Barbie adalah boneka. Dia tidak dimaksudkan untuk mencerminkan tubuh wanita sejati. "

2019 : Barbie Hari Ini

Barbie tidak pernah mencerminkan tubuh wanita sungguhan. Seniman digital Nikolay Lamm dengan peluncuran boneka Lammily pada tahun 2014. Proporsi Lammily didasarkan pada pengukuran rata-rata wanita Amerika berusia 19 tahun dan datangnya dengan tagline 'average is beautiful'. Haneefah Adam, seorang lulusan master dari Nigeria telah mengambil upaya Barbie untuk melakukan diversifikasi ke level lain dengan memperkenalkan @Hijarbie, boneka dengan misi menggabungkan mode dengan keyakinan Islam. Sebuah akun Instagram yang dibuat pada Desember 2015 menampilkan boneka berjilbab menarik puluhan ribu pengikut dalam hitungan bulan.

Barbie Hijab @Hijarbie

Selama lebih dari setengah dekade, Barbie telah menegosiasikan dunia mode yang berubah-ubah. Ia tetap berada di bagian toko mainan terlaris karena mainan lain telah datang dan pergi. Tidak asing dengan kontroversi, Barbie telah berusaha untuk berinovasi dan mengikuti perkembangan teknologi dengan hasil yang beragam. Apa pun kemenangan atau kegagalannya, Barbie adalah ikon global, boneka mode orisinal dan terbaik di dunia./ Ines