Ines as the 2nd Runner Up Puteri Doll Indonesia (Barbie Hijab Icon)

by - Senin, November 30, 2020

Ines Puteri Widjaja

Acara Beauty Pageant Doll di Indonesia baru-baru ini mengadakan kompetisi yang kesekian kalinya untuk mencari kandidat terkuat yang akan dibawa ke Beauty Pageant tingkat Internasional yaitu Miss Diva Doll 2021 (MDD). Pagelaran yang baru saja usai dan dimenangkan oleh Arimbi Davina Sarasvati perwakilan dari Jawa Tengah mampu mengalahkan 17 kontestan lainnya.

Puteri Doll Indonesia baru saja dibuka pada tanggal 19 Juli 2020 dengan 18 provinsi yang tersebar di seluruh Indonesia. Adapun daerah yang ikut serta dalam perlombaan ini antara lain : Papua, Kepulauan Bangka Belitung, Banten, Kalimantan Timur, Jawa Tengah, Jawa Barat, DKI Jakarta, Sumatera Utara, Sumatera Selatan, Sumatera Barat, Papua Barat, Jawa Timur, Bali, Bengkulu, Lampung, Nusa Tenggara Timur, Sulawesi Utara, dan Sulawesi Selatan.

Keikutsertaan Ines dalam ajang kompetisi ini didasari karna kecintaannya terhadap dunia pageant dan disupport dengan rekan dekatnya yaitu uda Aswin (@minanghijabdoll) yang dalam hal ini juga mengikutsertakan dua bonekanya yaitu Aisyah dan Aulia. Adapun yang mengundang Ines hadir di lomba tersebut juga atas usulan Fai (@fbeautydollcamp) karna dia pun juga mengikutsertakan dua bonekanya, yaitu Davina dan Kharisa.

Beragam macam tema photoshoot yang membuat kompetisi semakin sulit. Mulai dari Potrait Beauty, Swimsuit, Evening Gown, Speech Competition, Make Up Look by Madame.Gie, Busana Daur Ulang, Casual Outfit, Final Question, sampai Final Look Competition. Baik Ines, maupun  sahabatnya, Aulia, dan Aisyah sukses mengikuti sampai selesai.

Ines pun juga merasa tertantang dengan adanya kompetisi ini. Beragam macam kritikan baik hingga kritikan pedas pun tak lepas dari dirinya. Namun Ines tetap kuat pendirian dan fokus dengan semangat juga dukungan dari teman-teman Barbie Lovers. Selain karna satu-satunya boneka yang berwajah Barbie lolos masuk 5 besar, Ines juga merupakan satu-satunya Barbie berhijab yang tersisa saat babak penyisihan terakhir. Dalam hal ini, Ines mematahkan stigma bahwa boneka Barbie berhijab tetap berharga dan layak untuk menempati posisi tertinggi dalam ajang pageant doll.

Audisi Puteri Doll Indonesia

Saat perkenalan Puteri Doll dari berbagai daerah, Ines yang merupakan perwakilan dari daerah Kepulauan Bangka Belitung mengenakan busana Barbie Lara Movie Star Katrina kaif dengan warna pink fuschia dipadu hijab berwarna soft pink. Masuk ke sessi Potrait Beauty, Ines menggunakan hijab hitam.

Burkini Red Roses

Lalu swimsuit, Ines mengenakan burkini yang terinspirasi oleh Supermodel asal Amerika yaitu Halima Aden dengan hiasan bunga di kepala sebagai centre spotnya. Burkini karya Evi (@bitenproject) berwarna merah dan hitam memberikan nuansa baru yang begitu bold. Saat peragaan kontes Evening Gown, Ines mengenakan Gaun putih berpayet biru, silver dan putih karya Gusti Bayu (@fashion.dolls.passion) terinspirasi dari angsa putih.

Evening Gown

Ajang Puteri Doll Indonesia memberikan sarana untuk sessi speech contest, dan Ines membawa advokasi mengenai lingkungan. Bagaimana dirinya tetap peduli dengan kebersihan juga penghijauan area sekitar. Adapun advokasi yang dibuat Ines seperti dibawah ini

#HeartforEarth

“Health and Clean are integrated things to get a beautiful natural environment. The existence of the earth in which we stand make us insist on caring for it. One of my main mission as an Puteri Doll Indonesia is #HearttoEarth then I create a beautiful and healthy environment such as using hashtag #barbiewithnature #frwithnature. Because health and clean are part of faith.

Plant a million trees in high pollution environments. Moving back natural reforestation. Creating a healthy environment by cleaning all trash on the streets. Invite the children to love cleaning with dolls. Invite young people to be more creative in terms of recycling like creating unique items from used goods, so that waste pollution can be reduced. Protecting endangered animals and forests by not carrying out illegal shooting or burning forests. As well as creating a special protected forest breeding arena for rare animals in Indonesia.”


Make Up Look by Madame Gie

Setelah Speech Competition berakhir, pengumuman hasil penilaian Puteri Doll Indonesia mulai keluar satu persatu. Ines masuk ke tahap 12 besar dan maju ke sessi foto berikutnya yaitu make up look by madame gie. Persaingan semakin ketat memasuki sesi foto busana daur ulang. Kali ini Ines menggunakan busana daur ulang yang terinspirasi dari burung merak. Warna biru mendominasi busana ditambah dengan bulu-bulu burung merak. Hiasan mahkota dikepala berwarna emas juga kipas yang dipegang berwarna emas. Latar belakang foto dengan taman menciptakan kesan segar.

Busana Daur Ulang Peacock

Beberapa minggu kemudian, hasil top final keluar. Lagi-lagi Ines memasuki babak top 5 dimana satu-satunya Barbie berhijab yang masih mendapatkan predikat doll ratu sejagad. Ines memakai busana kasual yang terinspirasi dari bulu beruang coklat dan hijab hitam. Masuk ke penilaian busana gown Like A Queen. Ia mengenakan busana karya Indra (@Romauli_doll) dengan warna putih yang terinspirasi dari the Angle dengan seluruh busana berwarna putih.

 

Evening Gown Look Like a Queen

Kebaya Gown

Acara penobatan puteri sudah semakin dekat, bagian sebelum penutup yaitu kami diminta untuk memakai busana kebaya juga menjawab pertanyaan dari beberapa netizen. Ines dengan balutan gaun kebaya batik hitam karya Ryan (@djavadoll_id) begitu terlihat bold dan magis. Jawaban Ines terhadap pertanyaan yang diberikan netizen yaitu

Questions : Bagaimana kamu menyikapi tanggapan negatif orang lain terhadap diri kamu?

Answer  : "Thank you for the question in terms of responding to negative comments. First, I will ignore them then giving thanks the negative commenters, because their presence motivates me to become a better person. fix deficiencies and improve my abilities. Hence, their negative judgment could be a whip for me by paying for negative judgement with an achievement. More cares, more loves, and more support. Thank you"

Hingga gaun final terakhir, Ines memilih busana hijab dengan warna emas rancangan Stephanie (@stephaniealvina). Warna ini dianggap sebagai simbol kemenangan yang mewah atas pencapaiannya menduduki predikat top 5 dalam Puteri Doll. Tak lupa perhiasan anting sebelah dan kalung mempermanis penampilannya kala itu. Ines akhirnya didapuk menjadi pemenang juara ketiga atau Runner Up 2 Puteri Doll Indonesia.

Final Look Evening Gown

You May Also Like

0 komentar